Sabtu, 13 Desember 2008 di 18.42 |  
Genre : Komedi Horor

Dibintangi : Pratig Ajirogo sebagai Pocong
Lutfi Nur Andriyani sebagai Kuntilanak
Syamsul Fuad sebagai Bocah cowok
Yunda Presty Ardilla sebagai Bocah cewek
Kamya Dewanti sebagai Preman
M. Syaiful Rizal B. sebagai Si Genius
Anindia Yuridiani sebagai Mpok Ani
Hafiy Mubdi sebagai Mbah Sangkil

Tokoh :
1. Pocong
Seekor ataupun sesosok hantu gentayangan yang bisa dibilang baru “training” karena belum genap 2 hari menjadi pocong. Seringkali orang yang melihatnya tidak berteriak “Pocong!!” melainkan “Gendruwo!!” karena muka pocong ini sangat imut, alias item mutlak.
2. Kuntilanak
Sesosok hantu wanita yang sudah berpengalaman malang-melintang di dunia persetanan. Saking berpengalamannya, ia pernah membintangi film layar lebar yang berjudul “Kuntilanak vs Gendruwo” tapi gagal tayang karena lawan mainnya itu memiliki wajah yang terlalu jelek.
3. Bocah cowok
Bocah laki-laki yang konon karena terlalu o’on, idiot, plus naksir guru TKnya, rela tinggal kelas di TK hamper 10 tahun lamanya. Tapi dia juga tidak takut dengan yang namanya hantu, malahan dia suka sekali menggoda mereka.
4. Bocah cewek
Salah seorang teman Bocah 1. Nasibnya tak jauh beda denagn temannya itu, hanya saja ia adalah bocah cewek yang cengeng. Kalau udah nangis, mintanya permen melulu. Kalo nggak dikasih, bisa-bisa nangisnya membuat tsunami di pulau jawa.
5. Preman
Preman yang satu ini beda dengan preman-preman yang lain,karena dia preman cewek. Dia jadi preman karena katanya kebal dibacok. Gurunya adalah seorang dukun sakti asal sungai cipete. Orang yang bekerja di daerah kekuasaannya harus menyetor uang setiap hari. Kalau nggak dibayar, pasti dibacok, jack!
6. Si Genius
Seorang siswa universitas yang dikenal sangat pintar. Dari dandanannya yang culun, kelihatan banget kalau ia genius. Semua hal dan teori yang keluar dari mulutnya selalu didasari dengan buku-buku yang ia baca. Dan satu lagi, ia tidak percaya tentang keberadaan hantu.
7. Mpok Ani
Seorang penjual makanan kecil keliling. Biasanya, makanan yang ia jual selalu habis terjual, tapi sejak 2 setan bermunculan di kampungnya, makanannya nggak ada yang laku terjual. Oleh karena itu, ia sangat ingin balas dendam kepada siapapun yang membuatnya tidak bisa berjualan. Tapi apakah ia tahu kalau yang membuatnya bangkrut itu 2 sosok hantu? Karena ia sangat takut hantu.
8. Mbah Sangkil
Seorang dukun sakti asal sungai cipete. Merupakan guru dari banyak preman yang belajar ilmu kebal. Dengan usianya yang sudah tua, ia tidak gentar dan masih sanggup meladeni panggilan-panggilan dari para kliennya untuk mengusir hantu. Tapi karena sudah jarang “job-joban”, mbah Sangkil kekurangan uang untuk beriklan. Jadi untuk menghemat biaya, ia memasang iklan temple di tiang listrik, bersaing dengan iklan sedot WC.


Latar & setting:
1.Latar tempat : Di pinggir jalan, tepatnya di bawah pohon pete.
2. latar waktu : Malam hari yang gelap hanya diterangi lampu pijar seadanya.
3. latar suasana : Sepi melompong. Hanya ada 1-2 orang yang lewat tiap jamnya.

Babak 1

Pemain : Pocong dan kuntilanak.
Property & kostum : Baju putih & kain kafan.
Di malam hari yang sepi dan remang-remang, seorang pocong bertengger di bawah pohon pete. Ia terlihat sangat sedih.
Pocong :Aduh, kasihan sekali hidupku ini. Baru hidup 16 tahun sudah meninggal. Belum ngerasain kawin lagi. Terus pak Kyai juga lupa nyopot tali pocongku ini. Padahal semasa sekolah, aku ini paling nggak bisa loncat lo. ( sambil menatap ke bawah meratapi nasib).
Tiba-tiba, muncul Kuntilanak dengan ketawanya yang khas.
Kuntilanak : (mendatangi pocong sambil ketawa. Setelah tiba, ia membentak pocong dan kedua tangannya berkacak pinggang)
Hey, ngapain lo disini! Ini tempat gue tahu! Semua orang di komplek ini tahu kalau ini pangkalan Kuntilanak!
Pocong : Maaf mbak, saya nggak tahu. Soalnya saya baru mati kemarin.
Kuntilanak : Mati ?
Pocong : ( mengangguk lesu)
Kuntilanak : Ngapain lo kok bisa mati ?
Pocong : Takdir
Kuntilanak : (menenteng leher pocong dengan tangan kirinya)
Eh, lo kalau ngomong sama gue yang bener donk.
Lo nggak tahu, waktu hidup dulu gue ini preman! Kebal dibacok, men!
Pocong : Kebal di bacok kok bisa mati?
Kuntilanak : Ya sama kayak lo, takdir juga.
Pocong : Sama aja donk!
Kuntilanak : Eh, tapi lo jangan mangkal di tempat gue donk! Lo udah nglanggar UU Persetan No. 13.
Pocong : Maaf mbak, soalnya saya orang baru, belom tahu aturan mainnya. Karena saya masih satu setengah hari jadi hantu.
Kuntilanak : Ya udah, karena gue kasihan ama lo. Gue takut ntar lo dipungut sama Trantib. Gue bakal nglatih lo sampe bisa jadi hantu.
Pocong : Makasih banget mbak, mbak kunti baik banget deh.
Kuntilanak : Jangan Cuma makasih, setan juga butuh duit! Mana uang pangkalnya?
Pocong : Kayak sekolah aja mbak pake uang pangkal.
Kuntilanak : Mau jadi hantu nggak? Dah buruan mana duitnya?
Pocong : (menggerak-gerakkan tangannya yang terikat. Berusaha mengambil uang di dalam bajunya)
Kuntilanak : Ngapain lo cong?
Pocong : Mau duit nggak? Kalo mau, bantuin bukain baju ini donk.
Kuntilanak : (membantu pocong membuka tali pocong)
Pocong : Nah, ni duitnya mbak. (menyerahkan duit ke kuntilanak)
Kuntilanak : (berkipas-kipas dengan uang)
Nah gini donk. Eh, ngomong-ngomong daripada lo ribet buka-tutup tuh baju, kenapa gak lo lepas semuanya aja biar praktis?
Pocong : Kalau saya copot semuanya, mbak mau minjemin baju buat saya?
Kuntilanak : hah, siapa lo??
Pocong : Terus, belajarnya dimulai kapan?
Kuntilanak : Besok malem aja!
Pocong : Kenapa nggak sekarang aja mbak? Soalnya sekarang saya lagi semangat jadi hantu.
Kuntilanak : Lo tahu nggak? Malam ini giliran banyak orang kampong ronda malem. Kalo mereka lihat kita berdua, kita bakalan dikejar. Kalo gue kan bisa terbang. Kalo lo, Cuma bisa loncat-loncat kayak kodok ngorek. Bisa-bisa lo dibakar abis jadi abu gosok. Mau lo?
Pocong : Ya udah deh, besok malem aja. Tapi janji lo, besok ketemu di sini lagi.
Kuntilanak : OK bro!
Kedua setan itupun berpisah.
(Black out)

Babak 2

Pemain : Kuntilanak, pocong, Bocah 1 dan Bocah 2
Property & kostum : Baju putih, kain kafan, baju koko, baju muslim, sesaji.


Besok malamnya, Kuntilanak sudah menunggu si Pocong untuk diajari jadi hantu. Ia kelihatan gelisah sekali karena si Pocong belum terlihat batang hidungnya.
Kuntilanak : Aduh, lama banget sih si pocong. Baru hari pertama aja udah telat. (sambil muter-muter)
Tiba-tiba, datang si Pocong dengan tergopoh-gopoh.
Pocong : Maaf mbak, saya telat.
Kuntilanak : Ngapain ajalo kok bisa telat?
Pocong : Gini, supaya bisa menghayati jadi pocong. Saya mau minjem buku ke
perpustakaan dulu.
Kuntilanak : Terus, sekarang dapet bukunya?
Pocong : Dapet sih, tapi nggak boleh dibawa pulang.
Kuntilanak : Kenapa? Gara-gara lo nggak bawa duit?
Pocong : bukan, tapi karena saya nggak punya kartu purpestakaannya.
Kuntilanak : Ah, lo aneh-aneh aja cong! Ya udah, kita mulai aja latihannya.
Pocong : Kalo begitu sya pingin belajar ngilang. Bukannnya semua hantu kudu bisa ngilang?
Kuntilanak : heh, kalo lo sih kagak usah belajar aja udah ngilang sendiri.
Pocong : masak sih? (tersenyum)
Kuntilanak : Muka lo item gitu. Berdiri di pojokan sana aja udah nggak ada yang liat. (menunjuk pojokan)
Pocong : Ah mbak bisa aja. Terus enakanya belajar apaan?
Kuntilanak : Emmmm.. kalo menurut gue, mendingan lo belaar nakut-nakutin dulu.
Pocong : Ide bagus tuh mbak. (menjentikkan jempolnya)
Kuntilanak : Kalo menurut gue, dengan muka kayak lo ini. Orang-orang yang ngeliat lo pasti lari terbirit-birit.
Dari arah lain, terdengar suara anak-anak TK yang baru pulang mengaji.
Kuntilanak : Nah, kayaknya ada mangsa yang pasbanget buat lo.
Pocong : kok anak-anak mbak? (heran)
Kuntilanak : Kan lo baru belajar. Apa lo mau langsung nakut-nakutin preman?
Pocong : ihhh. Ya udah deh, kalo gitu kita sembunyi aja dulu.

Kedua setan itupun langsung mencari tempat persembunyian. Dan kedua anak tadi datang dengan gembiranya.
Bocah cewek : Eh, malem-malem gini enaknya nyanyi lagu apa ya?
Bocah cowok : Lagu apa hayo?
Bocah cewek : Gimana kalo lagu cemara?
Bocah cowok : ini kan pohon pete, gimana kalo lagu pete?
Bocah cewek : Emang ada lagunya?
Bocah cowok : Kan yang nyanyi belom rekaman, jadi lagunya belom ada.
Bocah cewek : Ah, lagu cemara aja deh.Ntar kamu yang jadi backing vokalnya ya.
Bocah cowok : OKE.
Bocah cewek : Satu….Dua…..Tiga….
Di bawah….. po….hon…. cemara……
Bocah cowok : cemara…..
Bocah cewek : Buru….ng kutilang bernyanyi…….
Tiba-tiba, terdengar suara backing vocal yang berbeda.
Kuntilanak : kunti….…lanak bernyanyi……. (dari balik tempat persembunyian)
Bocah cewek : Eh, kok gitu sih backing vokalnya!! (kesal)
Bocah cowok : Bukan aku, soalnya aku tadi abis makan jajan.
Bocah cewek : terus, siapa donk yang nyanyi tadi?
Bocah cowok : udah deh, mendingan kamu makan aja jajannya keburu basi.
Bocah cewek : Tapi kamu dapat makanan darimana? (heran)
Bocah cowok :Darimana hayo??
Bocah cewek : Emmm… beli di Mpok Ani ya?
Bocah cowok : Beli di Mpok Ani? Kamu kan tahu kalo aku nggak punya uang.
Bocah cewek : Terus darimana dong?
Bocah cowok : Di bawah sini-ni. (menunjuk tempat sesaji di bawah pohon)
Bocah cewek : Ihh, itu kan sesaji. Kata papa, makanan itu buat setan. Bukan buat kita.
Bocah cowok : Kan setannya nggak tahu kalo kita yang makan.
Bocah CEWEk : Iya-ya. Kalo gitu, aku ambil yang ini aja deh.
( mengambil makanan kesukaannya)
Pocong dan Kuntilanak berbisik-bisik di tempat persembunyiannya
Kuntilanak : Ih, kok sesaji buat gue dimakan sih!
Pocong : Emang siapa yang ngasih mbak?
Kuntilanak : Ya orang-orang yang mau kaya lewat togel
Pocong : Trus kalo udah dikasih sesajen, mbak ngapain kok orang-orang itu bisa kaya?
Kuntilanak : Ya gue kasih 4 nomor. Padahal nomor itu gue ambil dari plat motor butut yang lewat sini tiap hari.
Pocong : Trus nomornya tembus?
Kuntilanak : Yah, boro-boro tembus. Kalo tembus sih gue pake sendiri dari dulu
Pocong : Terus, anak-anak itu enaknya diapain mbak?
Kuntilanak : Ya lo takut-takutin lah!
Pocong pun keluar dari persembunyiannya. Ia mendatangi anak-anak itu dari belakang.
Pocong : ( mendekati si anak dan meniup telinga kiri si Anak )
Bocah cowok : ( menoleh ke kiri )
Pocong : ( berpindah ke kanan dan meniup telinga kanan si Anak )
Bocah cowok : ( menoleh ke kanan )
Pocong : ( berjongkok agar si Anak tidak melihat ). ( dan tertawa )
Bocah cowok : Ihh. Siapa sih yang niup-niup telingaku. Kamu ya?
Bocah cewek : Bukan aku. Aku ka nada di samping kamu.
Pocong : ( berganti menggoda anak ke-2 seperti sebelumnya )
Bocah cewek : ihh. Kamu! Ngapain sih niup-niup telinga aku?
Bocah cowok : Bukan aku lagi. Tapi bukannya kamu nggak punya telinga
Bocah cewek : Aku ini bukannya nggak punya telinga. Tapi ketutup sama jilbab.
Bocah cowok : Ahh gitu. Terus, siapa dong yang niup telinga kita berdua?

Mereka berdua menoleh ke belakang bersama-sama untuk mencari tahu. Dan si pocong pun berdiri dan mengejutkan mereka.
2 Bocah : ( tetap tenang dan santai )
Bocah cowok : Siapa dia? Temanmu ya?
Bocah cewek :Aku kira dia teman ngajimu. Liat aja, dia kan pake kerudung kayak kamu.
Bocah cewek : Tapi temen ngajiku nggak ada yang item lo.
Bocah cowok : Kalo gitu temen siapa dong?
Kuntilanak muncul dari persembunyiannya.
Kuntilanak : Temen gue! Eh pocong, lo bodoh banget sih. Nakutin anak kecil aja nggak bisa-bisa!
Pocong : nggak tahu nih mbak. Kayaknya mereka nggak takut hantu deh.
Bocah cewek : Pocong? Jadi kalian hantu? Tapi kami nggak takut.
Bocah cowok : Iya, ustad bilang, kita nggak boleh takut sama hantu. Kita harus takut sama Allah.
Bocah cewek : Emangnya kalian nggak tahu?
Pocong : ( menggeleng)
Bocah cowok : Makanya, kalo pingin tahu, mulai besok ikut ngaji ke masjid aja.
Kuntilanak : hahahaha……
Cong, lo disuruh ngaji sama mereka! Hahahaha……
Bocah cowok : Emang salah ya?
Pocong : Ya salah lah. Saya kan setan, masak ngaji, Gimana sih?
Trus kalian nggak takut sama aku?
2 Bocah : ( menggeleng)
Kuntilanak : Kalo sama aku pasti takut kan?
2 Bocah : ( menggeleng ) nggak juga.
Kuntilanak : ya udah sana pergi. Nih gue kasih makanan. Bawa pulang cepetan!
( member mereka jajan )
Pocong : Hati-hati ya dek.

( BLACK OUT )

BABAK 3

Pemain : Pocong, Kuntilanak, Preman.
Property & kostum : Baju putih, kain kafan, celana jeans, & golok.


Pocong pun mulai khawatir kalo dirinya nggak bakat jadi hantu. Dan kuntilanak pun khawatir dia nggak cocok jadi guru.
Pocong : Waduh ! Gimana nih mbak. Nggak ada yang takut.
Anak kecil aja nggak ada yang takut sama saya.
Kuntilanak : Mungkin lo kurang nyeremin sama kurang jelek kali ?
Pocong : Ni udah super jelek mbak !
Pas hidup aja, saya disamain sama alien
Kuntilanak : Alien? Itu saudara jauh kita.
Bedanya mereka itu setan luar angkasa.
Di tengah perbincangan mereka itu, muncul preman sekitar yang biasa minta upeti dari masyarakat sekitar.
Preman : Heh, jangan banyak bacotan cincong! Hidup udah sengsara jangan ditambah sengsara. Gue minta duit! Cepetan!
Pocong : Minta duit? Situ sendiri malah nyengsarain kita berdua. Gimana sih.
Preman : Heh, jangan bayak cingcong lo! Cingcong lo malah nambah global warming !( mengeluarkan golok dari sarungnya ) lo nggak mau ngasih duit berani dibacok lo berdua?Orang baru udah macem-macem sama gue. Lo belum tahu kalo gue yang megang daerah sini! Gue juga kebal dibacok!
Kuntilanak : ( Berbisik ke Pocong : “ Cong biarin aja kita dibacok, kita kan hantu, pasti nggak bisa dibacok. Goloknya bakalan tembus ”).
Pocong : OK! Siapa takut dibacok. Mau mbacok yang mana?
Kepala, badan, tangan, kaki, atau nggak jadi mbacok?
Preman : Dasar kurang ajar!
( membacok para setan tapi nggak berhasil-berhasil karena tembus)
Pocong : Hahahaha…..
Gimana? Yang kebal bacok bukan cumin lo, gue juga !
“ Ghost Power “
Kuntilanak : Hey, sekarang giliran lo bacok gue!
Nih, bacok aja tangan gue!
( mengulurkan tangannya di atas tangan kiri si Preman )
Preman : Kagak kapok-kapok lo setan!
( membacok tangan Kuntilanak tapi tembus sendiri ke tangannya)
Sebuah pantangan bagi orang yang kebal bacok adalah: jangan membacok diri sendiri, karena ilmu kebal nggak akan berfungsi lagi. Dan preman telah merasakannya!
Preman : Waduh, kok tangan gue berdarah. Semua ini gara-gara lo setan!
( memegangi tangannya yang berdarah)
Kuntilanak : Gue udah tahu kelemahan lo. Karena gue dulu juga preman.
Guru kita kelihatannya sama. Guru gue mbah Sangkil, kalo lo?
Preman : Sama juga. Terus, lo kok bisa mati?
Kuntilanak : Sama kayak lo!
Pocong : Dulu katanya takdir
Kuntilanak : Ah lo ikut-ikutan aja Cong !
Preman : Gila lo setan! Gue bakal balas dendam.
Gue memang nggak bisa membunuh lo!
Tapi mbah Sangkil pasti bisa!
Kuntilanak : Udah panggil sana guru lo ! Gue nggak takut !
Preman pergi mencari mbah Sangkil. Kuntilanak dan Pocong merasa puas telah membuat jera si preman.
( BLACK OUT )

BABAK 4

Pemain : Pocong, Kuntilanak, Si genius, Mpok Ani.
Property & kostum :Baju putih, kain kafan, sweater, buku-buku & Jajanan.
Pocong yang masih ketakutan akan dipanggilkan dukun mulai gelisah.

Pocong : Waduh, mbak Kunti cari masalah aja nih.
Sama preman ama dukun lagi.
Kuntilanak : Biarin aja, gue kagak takut.
Kalo lo takut ma dukun pergi ke laut aje lo!
Pocong : Nggak mau mabak, ntar kalo kain saya basah kan saya kedinginan
Kuntilanak : Gue bilangin ye, kalo waktu hidup dulu lo berbakti sama ortu lo.
Nah, sekarang beda lagi. Lo kudu berbakti sama gue.
Pocong : Caranya mbak?
Kuntilanak : Yah lo bantu gue donk
Kalo gue ada masalah lo bantu. Berarti masalah gue ma dukun lo yang selesaiin ya.
Pocong : Kok gitu sih. Nggak bisa donk. Tadi katanya berani.
Kuntilanak : Tadi gue kan Cuma sok-sokan.
Pocong : Emang apaan sih yang dipunya dukun itu kok mbak sampe takut?
Kuntilanak : Mbah dukun itu sakti banget cong. Lo tahu, semua setan yang diliatnya pasti kabur kebirit-birit.
Pocong : kenapa mbak? Mukanya serem? Atau jurusnya sakti?
Kuntilanak : Bukan, tapi dia itu suka menjadikan setan-setan yang gentayangan untuk dijadikan pertunjukan kayak tebo itu.
Pocong : Tebo? Dia kan bukan setan, tapi keturunan genderuwo.
Kuntilanak : Nah, dulu itu bapaknya tebo ditangkep ama tu dukun. Tapi gara-gara wajahnya nggak komersil, yang dijadikan pertunjukan cuma anaknya.
Pocong : oh…. gitu.
Kuntilanak : Makanya, biar ntar tu dukun takut ma lo. Lo harus latihan lagi ampe canggih. Karena lo itu punya potensi jadi rajanya pocong.
Pocong : raja pocong aja mbak? Kok nggak raja setan?
Kuntilanak : dimana-mana derajat pocong itu paling bawah. Kayak yang kasta sudra itu.
Pocong : Sialan….
Kuntilanak : eh ada mangsa empuk, kayaknya anak kuliahan tuh.
Pocong : kuliah apaan tuh pulang malem-malem. Paling-paling cuma nongkrong di kampus.
Kuntilanak : Udah bego, lo ngumpet aja dulu!! (mendorong kepala pocong)
Pocong : Mbak, bosen ngumpet disana. (menunjuk tempat persembunyian yang lama dengan kepala)
Kuntilanak : Ah cerewet!! (menjendulkan kepala pocong) Ya udah, kita ngumpet disini aja.
Kedua setan paling nggak klop sedunia itupun bersembunyi di samping pohon pete dan menutupi kepalanya masing-masing dengan semak-semak seadanya.
Si genius : Malem-malem sambil baca buku kayaknya enak, itung-itung nambah ilmu.
(mengeluarkan buku dari tasnya.)
Si genius : Toeri, manusia adalah cikal bakal hantu. Oh, jadi menurut buku ini manusia bakalan jadi hantu juga toh. Kalo hantu apa bakal jadi manusia ya?
Tiba-tiba, muncul Mpok Ani yang berjualan makanan keliling. Ia terlihat sangat sewot karena makanannya belom habis-habis.
Mpok ani : jan-jajan……..
Pocong : mpok jajannya mpok.
Mpok ani : (mencari-cari orang yang memanggilnya, dan matanya tertuju pada satu-satunya orang, yaitu si genius) Dek ini jajannya dek. Mau beli berapa?
Si genius : (merasa heran karena ia merasa tidak memanggil siapa-siapa) Siapa yang manggil mpok?
Mpok ani : itu tadi kamu kan yang manggil saya minta beli jajan.
Si genius : yang manggil cewek apa cowok?
Mpok ani : ya cowok lah.
Si genius : Trus tinggi, bibit, bebet, bobotnya gimana?
Mpok ani : Ah, pokoknya saya nggak mau tahu, pokoknya kamu tadi manggil saya, trus kamu harus beli jajan saya, karena saya seharian nggak ada yang beli, Kalo nggak kamu saya adukan polisi!!!
(mengoceh dengan cepat plus cerewetnya dan terdengar marah sekali)
Si genius : ih makanannya nggak laku kok sewotnya ke saya sih! (balas membentak)
Mpok ani : kamu harus beli makanannya!!( terlihat marah) (tiba-tiba berubah lesu) please ya, kamu beli jajan saya ya. Kalo nggak ntar anak, suami, kambing sama ayah saya makan apa?
Si genius : menurut buku yang saya baca, kambing adalah pemakan rumput yang hebat. Jadi jika keluarga mpok kesulitan makanan, bisa belajar makan rumput dari kambing.
Mpok ani : sialan lo! Lo kira keluarga gue kambing!
Si genius : ya udah deh, karena menurut buku yang saya baca, berbuat baik kepada orang lain itu terpuji. Seperti yang diajarkan guru PPKN saya., pak Cholik.
Mpok ani : mau beli yang mana? (Menurunkan barang dagangannya)
Si genius : yang ini aja deh (mengambil 2 roti dan memakannya sekaligus secara beriringan).
mpok ani : enak kan. Masih anget kok.
Si genius : anget dari hingkong! Udah dingin kayak es lilin gini masih dibilang anget.
Mpok ani : ya, namanya juga jualan dari pagi, dek.
Si genius : karena makanannya udah dingin saya bayar separo aja ya.
Mpok ani : ya nggak bisa gitu dong! Kan makanannya udah dimakan. Pokoknya bayar penuh.
Si genius : menurut buku yang saya baca, orang yang menjual makanan itu orangnya baik dan tidak sombong.
Mpok ani : eh, lo nyoba ngerayu gue ya! Gak bakal bisa, pokoknya bayar! (mengulurkan tangannya ke si genius)
Si genius : (menyerahkan uangnya ke mpok ani tetap hanya separo)
Mpok ani : hah, kok Cuma tetep separo sih. Kalo gitu makanannya gue ambil lagi aja.
(mengambil makanan dari tangan si genius dengan paksa)
Si genius : yah, mpok tega banget sih. Menurut buku yang saya baca, membuang makanan secara mubazir itu sama aja membunuh 1000 pengemis.
Mpok ani : E Ge Pe! Yang penting gue dapet pelaris. (mengipas-ngipaskan uang ke jualannya)
Si genius : hahahaha.. menurut buku yang saya baca mpok, pelaris itu datangnya pagi-pagi. Masak malem-malem baru dapet pelaris. Kasian banget!!!
Saat mpok Ani mau pergi, tiba-tiba pocong muncul di hadapan mpok Ani. Ternyata ia lapar, dan ingin makan gratis kalau mpok Ani lari ketakutan.
Pocong : mpok jajannya masih ada nggak? Saya laper banget nih. Udah 2 hari belom makan.
Mpok ani : kyaaaaaa…….( melemparkan jualannya dan lari ke belakang Si genius)
Pocong : asik…. Makan gratis. Tapi, gimana makannya ya? (mencoba duduk)
Mpok ani : eh setan, awas lo ya kalo berani-berani makan jualan gue!
Pocong : mbak kunti, korban berhasil ditaklukkan. Ni ada makanan buat kita berdua.
Kuntilanak pun muncul dari persembunyiannya.
Kuntilanak : akhirnya lo berhasil juga nakut-nakutin orang, cong. siapa dulu dong gurunya. (bangga)
Pocong : sama-sama mbak.
Si genius : eh, berarti tadi yang manggil mpok ini tu elo? Dasar pocong sialan!
Pocong : emang kamu mau apa?
Si genius : gue bakal ngejadiin lo kelinci percobaan gue.
Pocong : sini coba kalo berani!
Si genius : sini lo pocong sialan! (menangkap leher pocong dan memitingnya)
Pocong : bang, mau diapain bang, saya bang?
Si genius : udah lo diem aje, cong! Gue mau ngukur diameter leher lo dulu.
(mengambil tali pengukur dan membelitkannya di leher pocong sampai pocong tersedak)
Pocong : uhuk-uhuk. Bang, ampun bang.
Si genius : sekarang gue mau ngetes darah lo. Ngomong-ngomong mana tangan lo?
Pocong : ada di dalem nggak bisa dibuka!
Mpok ani : kalo gitu ambil sampel darahnya dari matanya aja dek, kalo bisa congkel matanya!
Kuntilanak : heh, lo mau apain murid gue? Lo mau cari masalah ma gue lo?
(mendorong tubuh si genius dan menarik badan pocong)
Si genius : heh, gue nggak takut ma kuntilanak! Sini lo kalo berani!!
Pocong : mbak kita ngilang aja ya. Manusia yang satu ini pinter banget. Pinter ngusilin setan.
Cling. Kedua setan itupun menghilang entah kemana. Tapi kemudian si pocong kembali lagi untuk mengambil roti-roti yang berjatuhan. Lalu ia menghilang lagi. Cling.
Mpok ani : makasih ya dek, kalo nggak ada adek pasti saya udah pingsan. Tapi saya bakal ucapin makasih lagi kalo adek mau ngambilin roti-roti mpok yang jatuh.
Si genius : menurut buku yangsaya baca, mendingan saya harus kaburrr….. (lari sekencang-kencangnya)
Mpok ani : dasar!!! Roti-roti saya kan enak. Huh. (pergi dan mengucapkan slogan-slogannya lagi)
Jan… jajan…… masih anget lo, kalo nggak mau nggak usah beli. Tapi nggak boleh bayar separo.
Semua orang telah pergi, dan tempat itu terlihat sangat sepi.
(Black out)

Babak 5

Pemain : kuntilanak, pocong, mbah Sangkil, dan preman
Property & kostum : baju putih, kain kafan, blangkon, menyan, tongkat.


Di malam yang sepi itulah, sang preman datang dengan seorang dukun sakti, mbah Sangkil. Mereka berusaha mengusir kuntilanak dan pocong dan dijadikan bahan pertunjukan.
Preman : mbah, disini ini tempat mantan murid mbah dulu gentayangan.
Mbah Sangkil : murid? Murid gue yang mana cu?
Preman : ya yang jadi kuntilanak itu, mbah.
Mbah sangkil : oh ya udah, kalo gitu mana dia?
Preman : kayaknya lagi sembunyi deh. Coba dipanggil aja mbah.
Mbah sangkil : gue panggil ye. Ntar kalo muncul lo jangan takut.
Ngomong-ngomong, manggilnya pake apaan ya?
Preman : ya mana saya tahu mbah. Pake barang atau makanan kesukaannya kali.
Mbah sangkil : apa makanan kesukaannya?
Preman : menurut saya, karena genderuwo suka gagak panggang. Pasti kuntilanak suka jagung bakar.
Mbah sangkil : ya udah, lo siapin aja jagungnya.
Preman : oh iya mbah, dia juga punya teman. Temannya itu pocong. Enaknya kasih apaan ya mbah?
Mbah sangkil : kasih krupuk aja. Jangan lupa, krupuknya lo kasih sambel yang pedes ya.
Preman : ok mbah!
Preman pun pergi untuk memenuhi pesanan mbah sangkil. Sambil menunggu, mbah sangkil menyiapkan menyannya.
Mbah sangkil : aduh, umur gue udah tua kayak gini rasanya mau mati aje. Tapi sebelum mati gue mau liburan ke Hawai aja, sambil ditemani sama bule-bule.
Preman kembali dari took dan langsung menyerahkan pesanan mbah sangkil.
Preman : mbah, ini pesenannya mbah. Cepet dipanggil ya mbah setan-setan itu. Soalnya saya mau balas demdam ma mereka berdua.
Mbah sangkil : taruh aja di depan situ (menunjuk depan sesaji)
Preman : ya udah, mulai aja ritualnya mbah. Ntar kalo butuh sesuatu panggil saya aja.
Mbah sangkil : kalo gitu sekarang gue butuh duit. Lo ada gak?
Preman : bukan butuh yang kayak itu mbah!
Mbah sangkil : ok-ok, gue mulai ye. (mbah pun mulai berkomat-kamit sambil menutup matanya)
Tiba-tiba, muncul 2 setan yang terlihat seperti di tarik kearah mbah sangkil. Dua setan itu tak lain adalah pocong dan kuntilanak.
Pocong : eh-eh-eh, ini ada apa ya kok rasanya kayak ditarik?
Kuntilanak : gue juga nggak tahu.!
Preman : (menangkap kuntilanak) nah ini dia setan yang bakal gue hajar.
Kuntilanak : eh, ngapain lo pegang-pegang gue?! Najis tahu!!
Mbah sangkil : (mulai membuka matanya dan langsung berdiri) gimana, setannya udah datang semua?
Preman : udah mbah. Ni satu udah saya pegangin biar nggak kabur.
Mbah sangkil : trus yang satunya mana cu?
Preman : itu mbah, lagi tiduran kayaknya. (menunjuk pocong yang jatuh terbaring)
Mbah sangkil : oh itu. Itu pocong apa genderuwo ya, kok item banget.
Kuntilanak : lepasin gue sialan gue mau kabur! (menginjak kaki preman dan lari sekuat tenaga)
Mbah sangkil : (menjegal kaki kuntilanak yang sedang berlari sehingga jatuh di samping pocong)
Pocong : lho mbak kunti, ngapain ikut jatuh?
Preman : mau kabur kemana lo sekarang? (menghalang-halangi kuntilanak yang hendak kabur seperti menggiring ayam)
Kuntilanak : cong, gimana ni. Kalo kita ketangkep bisa berabe kita.
Mbah sangkil : (mengambil botolnya dan menciprat-cipratkan air ke 2 setan itu.)
Pocong : wah, air apaan ini kok baunya gak enak banget?
Mbah sangkil : tu air sisa istri gue nyuci beras jatah.
Kuntilanak : pantesan bau banget!
Preman : mbah, sebelum mereka diambil. Saya mau balas dendam dulu.
Mbah sangkil : balas dendam yang kayak apa cu?
Preman : saya pingin banget mukul mereka berdua. khusus pocong, saya pingin tambahin kaos kaki saya.
Mbah sangkil : silakan cu. Cepetan ya, ntar gantian.
Preman : (memukul muka 2 setan itu dan mencopot kaos kakinya untuk ditaruh di hidung pocong)
Pocong : emm… baunya setengah mati. Mbak kunti tolong ambilin dong.
Mbah sangkil : sekarang giliran gue. Tolong ambilin lampu neon di sesaji tadi.(suruhnya kepada preman)
Preman : ini mbah.
Mbah sangkil : sekarang lo pegang tu lampu, gue mau masukin mereka kedalamnya.
Kuntilanak : kok dikurung di lampu neon sih!
Mbah sangkil : kalo di taruh di lampu emas, pasti banyak orang yang pingin nggosok. Ntar lo keluar deh. Tapi kalo di lampu neon rusak, gak bakal ada yang mau nggosok lo. Paling Cuma pemulung.
Preman : so..?
Mbah sangkil : lo berdua bakal jadi budaknya pemulung. Hehehaha…..
Preman : hahahaha..
2 setan : tidakkkkkk… (menjerit)
Dan akhirnya 2 setan yang aneh itupun terkurung di dalam botol neon rusak yang tergeletak di tong sampah. Sampai saat ini, lampu itu masih tetap ada di tempatnya. Mungkinkah ada pemulung yang membebaskan mereka berdua? Tidak ada yang tahu.

TAMAT
Diposting oleh M.Syaiful Rizal.B.

16 comment:

Hapi mengatakan...

Hello there my friend! I found your blog very interesting so I have added your link in my Blogroll. I hope you'll link me back. Have a nice day! http://hapiblogging.blogspot.com/

9 Januari 2009 06.10  
Keyword mengatakan...

Submit your Blog to our Newest PR 3 Web Directory for Bloggers. Visit KeywordDir.info

15 Januari 2009 08.03  
Hapi mengatakan...

Happy Wednesday! Bloghoppin' here... Hey, I have an interesting tutorial for you that I have written myself. It is about adding Adsense on your Single Post in XML template. I hope you'll like it! God Bless you!

21 Januari 2009 05.04  
diari rahasia mengatakan...

Sobat sobat persajakan yang budiman,
kami sebagai Team "lembahkasih.co.cc" akan menyampaikan beberapa hal menyangkut keberadaan website kami ini.

sesuai hasil rapat koordinasi Team lembahkasih.co.cc yang diselenggarakan :
hari/tanggal : Kamis, 08 Januari 2009
pukul : 22.00 s/d 02.00 Wib
lokasi : di internet/ YM team lembah kasih
agenda : -

1. lembahkasih.page.tl berganti nama "lembahkasih..co.cc"

2. Kategori puisi :
a) Puisi percintaan : menyangkup
1. perpisahan.
2. kasih sayang anak ke orang tua atau
3. cinta negara dll.
b) puisi humanis dan kritik sosial
c) puisi Religius dan Sufistik
d) puisi politik dan tatanan bernegara

3. Pola puisi : a) puisi jenaka/humor
b) puisi kontemporer
c) puisi prosa
d) puisi modern/bebas
e) puisi berpola 444, 222 dll
f) seloka, gurindam, geguritan dll

catatan ; kami tidak menerima Prosa.

4. ATURAN PENGIRIMAN PUISI :
a). setiap peserta yang mengirimkan puisinya lebih dari satu, "Wajib"
mengirim sesuai kategori yang tercantum diatas.
Contoh : puisi ke 1 tentang percintaan.
puisi ke 2 tentang humanis/kritik sosial
puisi ke 3 tentang Religius/sufistik

*)) kami harap puisi tersebut lebih variatif dengan pola sesuai selera sobat.

b). penuhi persyaratan pengiriman puisi,
yaitu :
1) nama asli dan nama samaran.
2) No. KTP/kartu pelajar/kartu mahasiswa atau indentitas lainnya.
3) Domisili sekarang.
4) Nomor Hp atau nomor telepon rumah.
5) ID email

Catatan : Data pribadi sobat akan kami gunakan, disaat kami ingin menghubungi sobat.
(Apabila kegiatan "lembahkasih.co.cc" berlanjut mengarah ke komersial)

c). apabila ada aturan yang berkelanjutan, akan kami beritahukan lewat email sobat semua atau melalui pemberitahuan
"lembahkasih.co.cc" , YIA dan situs yang ditunjuk.

5. Waktu tenggat pengiriman puisi : 31 Maret 2009
apabila ada perubahan tenggat waktu, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu.

6. apabila kegiatan ini sesuai rencana, maka :
1. karya sobat akan dibukukan dan dijual bebas di toko buku yang ditunjuk
2. Hasilnya akan digunakan :
a) membantu kegiatan pendidikan bagi anak yang tidak
mampu. tentunya bekerja sama dengan yayasan yang
aotentik keberadaannya.
b) sisanya akan dibayarkan ke pengirim yang karyanya
diterbitkan. Tentunya ada perjanjian dahulu dengan
team lembahkasih.co.cc

demikian pemberitahuan dari kami.

Terima kasih Atas Partisipasi nya

Tertanda

Team lembah kasih.co.cc
sastra_antropologi@yahoo.com

7 Februari 2009 10.32  
nelson kaligis mengatakan...

hiiiii...serem....pocong......

6 Maret 2009 20.44  
Anonim mengatakan...

俗語說:朋友做到死 金錢甭提起 就是友情才會長久之意,我個人不會跟人借錢當然也不會隨意借錢給他人   即然言明是借錢就是要還錢 。

10 April 2009 04.25  
Anonim mengatakan...

有誰知道基隆搬家公司的服務流程與搬家價格。

12 April 2009 21.04  
Anonim mengatakan...

健身是運動減肥的好地方。

15 April 2009 19.19  
Anonim mengatakan...

這家的台北搬家公司的服務是一流的。

16 April 2009 14.43  
Anonim mengatakan...

因為想開小型PARTY,人數約(6人左右)~~找了幾家有ktv的台北汽車旅館,哪家比較好呢?

17 April 2009 10.52  
Anonim mengatakan...

有誰知道a片的品質是怎樣的。

17 April 2009 13.00  
Anonim mengatakan...

健身是運動減肥的好地方。

18 April 2009 13.26  
Anonim mengatakan...

這家的桃園搬家公司的服務是一流的。

22 April 2009 21.11  
Anonim mengatakan...

汽車借款你有需要嗎?

26 April 2009 04.32  
Anonim mengatakan...

Hey, I am checking this blog using the phone and this appears to be kind of odd. Thought you'd wish to know. This is a great write-up nevertheless, did not mess that up.

- David

30 Januari 2011 10.04  
burçlar mengatakan...

nice blog hello

24 November 2012 07.48  
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates