Rabu, 06 Februari 2008 di 11.20 |  

Banjir yang “menenggelamkan” banyak daerah di Indonesia saat ini tidak bisa lagi di tangani dengan cara-cara normal. Misalnya, hanya dengan mengantisipasi turunnya hujan. Menuguras saluran air yang mampet. Atau, bergotog royong mengeruk sungai yang dangkal akibat tumpukkan sampah dan sejenisnya.

Ada dua masalah besar penyebab banjir besar yang tidak lagi bersifat “lima tahunan”, tapi sudah menjadi ancaman setiap tahun itu. Pertama, curah hujan yang di luar ukuran normal. Menurut perkiraan banyak analis iklim, hal ini disebabkan terjadinya perubahan iklim global, sehingga mereka perlu menyadarkan masyarakat dan pemerintah negara-negara di dunia melalui konferensi PBB tentang perubahan iklim global di Bali, Desember tahun lalu. Karena perubahan iklim global, ini juga karena ulah kita umat manusia yang rakus dan tamak mengeksploitasi sumber daya alam.

Perkiraan cuaca, terutama mengenai curah hujan dan angin, tidak bisa diperkirakan dengan akurasi tinggi. Akibatnya, tidak banyak antisipasi yang bisa dilakukan, baik untuk mengantisipasi banjir mauun untk mengonsolidasikan penyelamatan dini. Situasi ini menjadi lebih buruk karena kita dikenal sebagai bangsa yang cuek dan acuh terhadap ancaman buruk kerusakan lingkngan.Kedua, kuat diduga, dampak buruk perubahan iklim global, terutama yang terkait dengan akselerasi dan akumulasi curah hujan yang semakin tinggi, semakin menjadi-jadi karena kesembronoan dalam memilih strategi pembangunan fisik, tata ruang, dan pengelolaan sistem lingkungan. Pembangunan gedung baru nan modern terus berlanjut dengan akselerasi yang sulit dikendalikan tanpa memperhatikan daerah resapan air dan dengan tata kota yang tidak sesuai tata ruang perkotaan yang aman. Daerah resapan air didataran tinggi bukan hanya tidak dilindungi, melainkan dieksploitasi dengan amat buruk, sehingga air yang jatuh dari langit dengan volume tinggi praktis sebagian besar tidak diisap bumi. Air hujan tersebut jstru berguml menjadi bah dan banjir besar.

Diposting oleh M.Syaiful Rizal.B. Label:

10 comment:

Anonim mengatakan...

iya..ya memang sekarang lagi musim hujan makanya banjir

10 Februari 2008 00.33  
dina mengatakan...

banjir di indonesia memang gara2 pembangunan yg tdk memperhatikan lingkungan, tapi juga karena manusianya yg buang sampah sembarangan

17 Februari 2008 00.15  
dion mengatakan...

banjir mungkin juda karena kurang kepedulian masyarakat

20 Februari 2008 02.28  
rian mengatakan...

gara2 banjir banyak jalan yg rusak & lalinnya terganggu

20 Februari 2008 02.29  
Nurul mengatakan...

Banjir memang sangat mengganggu. Tp, jika kita renungi apa yang menyebabkan banjir dapat terjadi.
Salah satunya saiful rizal yg sering buang sampah sembarangan.
He...he...
Just qding

8 Maret 2008 19.46  
Nurul mengatakan...

Banjir memang sangat mengganggu. Tp, jika kita renungi apa yang menyebabkan banjir dapat terjadi.
Salah satunya saiful rizal yg sering buang sampah sembarangan.
He...he...
Just qding

8 Maret 2008 19.46  
Massagem mengatakan...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Massagem, I hope you enjoy. The address is http://massagem-brasil.blogspot.com. A hug.

21 April 2008 11.38  
Huei mengatakan...

dropping by to say hi back! =)

aikss..i duno malay leh! heheh u indon or msian? =D

nice meeting u!

1 Juni 2008 18.10  
parti mengatakan...

visit my two sites also:
first site
and
second site

30 Juni 2008 10.34  
Mika mengatakan...

Hi! Howdy?

Got you tagged! And you're it! :)
Got something especially for you HERE.

See ya!... :)

Mika

1 Oktober 2008 03.43  
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates