Jumat, 21 Desember 2007 di 19.07 |  

Antonio Meucci
Penemu Telepon yang Sebenarnya


Telepon yang merupakan salah satu system komunikasi yang luar biasa, ternyata memberikan sejarah yang menyedikan bagi penemunya. Selama ini kita semua diyakinkan bahwa penem telepon adalah Alexander Graham Bell. Padahal, anggapan itu ternyata salah, penemu telepon yang sebenarnya adalah Antonio Meucci, seorang ilmuwan miskin asal Italia yang tinggal di New York.
Untunglah keadaan itu bisa diperbaiki. Dengan disahkannya resolusi dari kongres Amerika Serikat pada Juni 2002 (107 th Congress 1 st session H.RES 269), dinyatakan secara resmi Antonio Meucci-lah yang menemukan teleon untuk pertama kalinya.
Dalam resolusi itu disebutkan, bahwa telepon pertama yang dibuat oleh Meucci adalah sebuah system komunikasi antara ruang bawah tanah denagan lantai satu rumahnya. Kemudian system itu di buat menjadi hubungan permanen antara laboratorium dengan kamar istrinya yang saat itu sedang sakit parah.
Antonio Meucci lahir tanggal 13 April 1808 di Florence, Italia dan tertarik pada bidang kedokteran dan elektronika. Ia akhirnya menyadari bahwa suatu saat manusia bisa mengirimkan suara melalui kabel. Lalu iapun membuat prototype pertama sebanyak 30 buah, dari tahun 1850 hingga 1862. Sayangnya ia tak mampu mematenkan hasil penemuannya itu, karena harus membayar $250 untuk setiap paten. Bahkan, ia sempat menjual beberapa prototype pertamanya seharga $6 karena tidak punya uang untuk berobat.
Pada tahun 1871 ia bisa mendapatkan formulir pematenan yang lebih murah, dimana saat itu alat yang ia buat dinamakan “teletrofono”. Hingga tahun 1874 ia bisa menjual beberapa prototype ke Western Union Telegraph. Tetapi, betapa kagetnya ia saat mendengar bahwa Alexander Graham Bell yang menemukan telepon pada tahun 1876.
Sebenarnya Meucci pernah ditangguhkan patennya sebagai penemu telepon. Tetapi Meucci tidak pernah memperbaharui formulir patennya, maka Alexander Graham Bell tetap diakui sebagai penemu telepon. Bukannya Meucci tidak mau, hanya saja ia terlalu miskin untuk dapat memperbaharui formulir patennya.
Akhirnya ia meninggal dalam kemiskinan pada tanggal 18 Oktober 1889 di New York. Sepanjang hidupnya ia selalu berkata kepada istrinya, bahwa kelak penemuannya akan membawa keluargannya untuk hidup lebih layak.
Lewat 113 tahun setelah kematiannya, kebenaranpun berpihak kepadanya. Atas permintaan pemerintah Italia yang memohon pada kongres Amerika Serikat, maka Antonio Meucci dinyatakan sebagai penemu telepon yang sebenarnya dengan penuh kehormatan.
Diposting oleh M.Syaiful Rizal.B. Label:

0 comment:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates