Kamis, 03 Januari 2008 di 01.13 |  

William Shakespeare
Sastrawan Misterius


Hampir semua orang yang suka membaca karya sastra mengenal William Shakespeare. Dia lahir 23 April 1564 di Stratford-on-Avon. Karya-karyanya banyak dijadikan drama, film, serta banyak dibahas di berbagai Universitas sastra di dunia.
Ayahnya,John Spapepeare, tuan tanah yang sangat sukses, dia juga pelindung rakyat miskin. Selain itu, John kerap membantu rakyat yang kesusahan, pegawai pemerintahan yang menemui masalah dalam karirnya, dan orang-orang yang mencari keadilan. William merupakan keluarganya kelas menengah yang dihormati.
Pada tahun 1576 John ambruk. Sejak itu, dia memutuskan diri dari pergaulan sosial. Saat itu, William baru berusia 12 tahun. Dia belum merasakan benar kesusahan yang dialami orang tuanya. Ibunya, Mary Arden yang juga berasal dari keluarga kaya dan terpandang mencoba menguatkan mental suaminya yang rapuh akibat kebangkrutan itu.
William kemudian di sekolahkan di Statford Grammar School. Di sekolahnya, dia belajar bahasa Yunani dan Latin. Gurunya memberikan buk-buku yang harus dibayarnya. Buku bacaan kesukaannya adalah drama roman. Ia akhirnya berhasil menggondol 2 ijasah dari Simon Hunt dan Thomas Jenkins.
Setamat sekolah, ia tak mau muncul di depan umum. Ia menyebut sebagai tahun untuk menyembunyikan diri. Setelah masa itu berakhir, William memutuskan menjadi penulis cerita drama di London. Pekerjaan yang baru inilah yang membuat dirinya merasa telah menemukan yang selama ini dicarinya.
Temannya Henri Wriothsley menjadi sponsornya. Saat waktu senggangnya, William menulis puisi. Puisinya yang pertama berjudul “Venus and Adonius” ditulis pada tahun 1593. pada 1594, dia menulis puisi panjang berjudul “ Rape of Lucrece”.
William lalu bekerja pada Lord Chamber’s Men. Perusahaan ini lalu diambil alih oleh raja James I.perusahaan yang bernama The King’s Men itu menjadi sebuah perusahaan terkenal di bidang akting. Sukses ini berkat campur tangan William. Dia selalu menulis cerita-cerita bermutu untuk dimainkan oleh para aktor atau artis zaman itu. Saat itu, aktor terkenal adalah Richard Burbage. Ayahnya bernama James Burbage. Dia membangun sebuah teater di London.
Nama teaternya adalah The Teater. Pada tahun 1599, nama tersebut berubah menjadi The Globe. Di teater ini dimainkan karya-karya William Shakespeare. Pada masa itu juga menulis Soneta. Soneta yang ditulis di beri judul Sonnets of Shakespeare, sejmlah 154 soneta. Pada than 1596, William menulis cerita Romeo dan Juliet, cerita roman yang sangat terkenal. Setelah itu, dia menulis cerita lagi yang tak kalah terkenal seperti Julius Caesar, Hamlet, Othello, King Lear, Macbeth, serta Anthony dan Cleopatra. Pada tahun 1611, William istirahat di dunia tulis menulis. Dia meninggal pada tanggal 23 April 1616, kematiannya misterius. Banyak orang percaya, William sudah tahu bahwa diri akan meninggal.Banyak orang yang penasaran dan tidak percaya William Shakespeare sudah meninggal. Mereka menggali kuburnya dan mencari tulang belulangnya. Uniknya, ada orang yang tak percaya it tulang belulang William Shakespeare. Mereka menggali kuburnya lagi untuk meyakinkan kebenaran tulang belulangnya masih utuh atau tidak.
Diposting oleh M.Syaiful Rizal.B. Label:

2 comment:

cintya mengatakan...

dia merupakan sastrawan yang sangat hebat

21 Februari 2008 03.48  
Play Baccarat mengatakan...

What phrase... super, a brilliant idea

16 Juni 2011 17.59  
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates