Galileo lahir di Pisa,Italia,15 februari 1564.
Saat kuliah di Universitas Pisa,Galileo dijuluki”si ngotot dan pembangkang dosen”. Meskipn demikian, dia mampu menduduki posisi sebagai dosen di Universitas itu tahun 1589.
Galileo berpendapat bahwa, baik benda berat mapun benda ringan jatuh pada kecepatan yang sama, kecuali sampai batas mereka berkurang kecepatannya akibat pergeseran udara. Teori ini menumbangkan teori Aristoteles.
Salah satu penemuan Galileo yang penting di bidang astronomi adalah teori yang mengukuhkan teori Capernicus (Heliosentris) yaitu bumi dan semua planet lainnya berputar mengelilingi matahari, bertentangan dengan teori geosentrik Aristoteles. Agustus 1632 pengadilan gereja melarang penerbitan buku Dialoque on the Two Chief World Systems, yang diterbitkan di Florence,Italia,1632. Pada Desember 1633, Galileo diadili dan dijatuhi hukuman seumur hidup. Ia dituduh menyebarkan teori yang menentang isi alkitab, ajaran sesat dan menghina ajaran gereja.
Buku terakhirnya Dialoque on the Two Chief World Systems akhirnya di terbitkan di Laiden,Belanda, di tahun 1638.
Tanggal 8 Januari 1642, Galile meninggal dunia di Villa Arcetri,Florence.Dia disebut sebagai “Bapak Astronomi Modern” yang berani memikirkan hal yang tak pernah terpikirkan orang lain.Karena hal itu akhirnya nama Galileo dijadikan nama satelit ruang angkasa yang diluncurkan pada tanggal 18 Oktober 1989.
Diposting oleh M.Syaiful Rizal.B. Label:

0 comment:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates